Monday, June 8, 2015

Orienteering

Olah raga merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan oleh semua kalangan, dari anak – anak, remaja, dewasa hingga tua dan baik pria maupun wanita. Olah raga dapat membuat badan lebih segar, mengurangi strees, memperlancar peredaran darah, hingga mempertahankan daya tahan tubuh. Banyaknya cabang olahraga dapat membuat masyarakat tidak perlu bingung untuk memilih cabang yang cocok untuk dirinya. Mulai dari catur, sepak bola, lari, senam, renang, panjat sampai dengan orienteering.
Orienteering merupakan salah satu  olah raga dimana seorang orienteer ( pelaku orienteering) menggunakan peta dan kompas untuk menemukan titik – titik yang ada di permukaan bumi. Orienteering tidak asing bagi seorang pecinta alam, olahraga ini sangat bermanfaat jika kita berada di hutan dan ingin mengetahui posisi kita berada hanya dengan membaca peta dan kompas.

Gambar 1. Peta Orienteering

Tidak hanya itu, orienteering juga merupakan olahraga yang sering dilombakan. Jalur orienteering terdiri dari start, rangkaian titik, dan finish. Peserta dapat berjalan maupun berlari dengan cepat untuk mencari dan menuju titik tersebut di lapangan. Untuk membuktikan orienteer telah sampai pada titik yang dituju, orienteer menggunakan punch sebagai pelubang kertas untuk menandai bahwa orienteer telah sampai pada titik tersebut, setiap titik memiliki kode punch berbeda – beda. Sehingga paniti dapat membaca orienteer telah berhasil pada titik mana saja.

0 komentar:

Post a Comment